Pengertian Marketing bukan hanya sebagai Market/Pasar
bukanaktivis40-Salah satu kegiatan dalam menjalankan bisnis adalah kegiatan pemasaran.Kali ini saya akan membahas apa Marketing,ditinjau dari pengertianya yang bukan hanya sekedar market/pasar tetapi lebih dari itu.Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membeberkan
arti penting kegiatan marketing di dalam menjalankan usaha.Didalam artikel sebelumnya dijelaskan bahwa sepandai-pandai apapun kita dalam menghasilkan sebuah produk tetapi tidak bisa memasarkan itu sama saja tidak efektif dan efisien.
Pengertian Marketing
Marketing adalah dari kata market yang artinya
pasar.Pasar disini bukan dalam pengetian konkrit tetapi lebih ditujukan pada
pengertian abstrak.Banyak definisi yang diberikan oleh beberapa orang,tetapi
umumnya mereka semua berpendapat bahwa kegiatan/aktivitas Marketing bukan hanya
sekadar menjual barang/jasa tapi lebih luas dari pada itu.Dengan demikian
pengertian marketing dapat didefinisikan secara sederhana yaitu :
“Semua kegiatan aktivitas untuk memperlancar
arus barang .jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud
untuk menciptakan permintaan efektif.”
Dari definisi yang sederhana ini dengan
mengikuti uraian-uranin selanjutnya serta menghayatinya.Definisi diatas jelas
bahwa kegiatan marketing bukan semata-mata kegiatan untuk menjual barang/jasa
,sebab kegiatan sebelumnya dan sesudahnya juga merupakan suatu kegiatan
marketing.Misalnya suatu perusahaan industri yang mempunyai program untuk
peningkatan produknya atau istilah yang terkenal mengadakan product
development,maka kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian marketing .Apa
sebab demikian? Hal ini karena kegiatan tersebut ditujukan baik langsung maupun
tidak langsung untuk memperlancar arus barang dari produsen ke konsumen
sehingga dapat menciptakan permintaan efektif.Meskipun demikian setiap kegiatan
tersebut harus dilakukan secara efisien sehingga secara ekonomis akan dapat
dipertanggung jawabkan.Dengan demikian program peningkatan iklan yang dapat
meningkatkan omset penjualan bilamana kegiatan ini tidak menambah keuntungan
atau tambahnya keuntungan tidak seimbang dengan jumlah biaya yang telah
dikeluarkan karena iklan-iklan yang dijalankan tersebut kurang menemui sasarn
,maka kegiatan ini merupakan kegiatan yang tidak efisien.
Dan dengan mendasarkan pengertian tersebut diatas maka dapat saja
sesuatu kegiatan yang belum dimasukkan kegiatan marketing/pemasaran pada suatu
saat nanti dapat dimasukkan dalam kegiatan marketing sehingga perlu dipelajari
lebih lanjut ,apabila ternyata dapat dibuktikan bahwa kegiatan tersebut
mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kelancaran arus barang/jasa dari
produsen ke konsumen yang dapat menciptakan permintaan secara efektif
Terima kasih sudah
membaca artikel saya yang sederhana ini semoga bermanfaat. J