Menjadi seorang enterprenur / pengusaha yang sukses diusia muda merupakan cita-cita banyak orang. Memang kalau kita melihat beberapa pengusaha muda yang sukses, kita ingin seperti mereka, tetapi kita jangan lupa dibalik kesuksesannya mereka, ada usaha, jatuh bangun, keringat, kerja keras, semangat pantang menyerah yang sudah mereka jalani sebelum sukses.
Ada banyak faktor yang perlu dipersiapkan dan dijalani agar kita bisa menjadi pengusaha muda yang berhasil. Dan kesemuanya itu butuh ketekunan, kerja keras, dan tidak ada yang instan. Kecuali memang orang tua kita milyuner dan orang kaya, jika kita hendak sukses butuh waktu untuk menjalaninya.
Buat kita yang ingin belajar menjadi pengusaha sukses kususnya dibidang online, sangat besar potensi kita untuk bisa meraihnya. Karena model bisnis online merupakan model bisnis yang tidak sulit dijalani, memerlukan modal yang tidak besar tetapi potensi omsetnya bisa sangat besar.
Tips cara untuk menjadi pengusaha muda yang sukses
- Memiliki Keinginan Yang Kuat
Jika mau jadi pengusaha sukses, kita harus mau menanamkan dalam diri kita untuk menjadi seorang pengusaha kussunya di dunia online. Jangan Cuma hanya dianagn-angan, tetapi penting tanamkan dalam hati ambisi dan tekad yang kuat bahwa kita harus bisa sukses.
- Kriteria Sukses
Semua orang pasti memiliki kriteria sukses yang berbeda-beda, ada yang mempunyai kriteria sukses jika sudah punya tabungan 1 miliar, ada yang kriteria suksesnya punya usaha dengan omset miliaran dan lain sebagainya. Atau malah ada yang tidak tahu ingin sukses seperti apa? Nah untuk yang ini, bagaimana bisa sukses.
Nah coba tuliskan apa kriteria sukses kita. Hal ini sangat penting sebagai motivasi sekaligus ada ukuran oencapaiannya.
- Tentukan Caranya
Buat kita yang ingin menjadi pengusaha muda yang sukses kususnya lewat bisnis online, tentukan dahulu produk / jasa yang ingin kita tawarkan. Pada momen ini, kita butuh waktu yang cukup untuk melakuka riset pasar. Produk atau jasa apa yang paling banyak pencarinya lewat internet.
Sebuah produk / jasa yang baik kita bidik adalah produk yang paling banyak pencarinya tetapi paling sedikit pesaingnya.
Nah untuk melakuka riset ini, kita bisa menanyakan pada si mbah google lewat google adwords, satu tools milik google yang mampu membantu kita menemukan produk yang memungkinkan untuk kita jual. Sesuai dengan kriteria banyak pencari tetapi sedikit pesaing.
- Tentukan Targetnya
Setelah kita sudah menemukan produk / jasa yang hendak kita tawarkan, penting kita juga menuliskan dan menentukan target pangsa pasarnya secara rinci. Hal ini penting agar kita tidak salah sasaran waktu nanti kita memasarkannya.
Tentukan target pemakai produknya apakah remaja, orang tua, laki-laki, wanita dsbnya. Tentukan juga target lokasinya : Apakah orang diperkotaan atau pedesaan. Lalu target demografinya : pemakai produk kita apakah orang kaya, menengah keatas, orang dengan gaji berapa, dan sebagainya. Dan terakhir target psikografi contohnya, pemuda yang aktif di dunia social media, para olahragawan dsbnya.
Kesemuanya itu penting untuk nanti kita menentukan cara promosinya.
- Media Promosi
Salah satu media yang paling populer kususnya lewat bisnis online adalah membuat website atau toko online. Dengan membuat sebuah website atau toko online, kita bisa memasarkan produk yang hendak kita jual kemana saja.
Jangan lupa juga menggunakan media sosial yang ada, karena potensi pembeli lewat social media juga sangat banyak.
Media promosi ini juga banyak ditentukan oleh target konsumennya, jika memang target konsumen kita orang tua yang gaptek, agak susah kita menjualnya lewat media sosial. Buat yang butuh jasa pembuatan website dan toko online
- Fokus
Fokus, Fokus dan Fokus. Ini kata yang paling penting jika kita ingin menjadi pengusaha muda yang berhasil. Kadang sering terjadi orang akhirnya gagal karena tidak fokus kepada bisnis yang sedang digelutinya, mereka ingin langsung memegang beberapa model bisnis akhirnya pemikiran dan konsentrasi mereka terpecah.
Melakukan model bisnis bersamaan akan sangat menguras dan menyita waktu, tenaga, pemikiran dan modal kita.Dari pada mencoba 3 model bisnis, lebih baik fokus pada 1 model bisnis dan menekuninya sampai berhasil.
- Service Excellent
Banyak orang lupa pada service yang terbaik, padahal ini merupakan salah satu yang paling menentuka apakah customer kita akan kembali membeli dan mengajak rekannya berbisnis dengan kita ataukah mereka akan menjadi orang-orang yang menjelek2kan usaha kita.
Seringkali banyak pengusaha hanya puas ketika ada pembeli, mereka lupa melayani pembeli tersebut dengan sebaik-baiknya.
Binalah hubungan sebaik dan semesra mungkin dengan customer kita, maka pintu sukses akan terbuka lebar.
- Buat Pembukuan
Memang menjadi pebisnis penting memiliki pembukuan yang baik. Jangan mencampur omset dan keuntungan bisnis dengan uang untuk sehari-hari. Dengan memiliki pembukuan yang jelas, kita akan dengan mudah menghitung keuntungan maupun kerugian yang kita dapatkan.
- Action
Jangan Pernah menjadi NATO, No Action Talk Only, atau kebanyakan berbicara atau kebanyakan membuat rencana tetapi tidak pernah diaplikasikan atau dijalankan. Percuma saja.
- Sehat
Jika ingin sukses penting menjaga kesehatan. Bagaimana kita bisa menjadi pengusaha yang berhasil kalau kita sakit-sakitan, oleh karena itu penting kita menjaga kesehatan tubuh kita.
Perhatikan makanan yang kita makan, jangan sampai kurang istirahat, berolah ragalah secara teratur semuanya itu menolong kita untuk memiliki tubuh yang sehat dan dengan tubuh yang sehat juga menolong kita untuk bisa berpikir dan bekerja denga maksimal.