Minggu, 30 Agustus 2015

Arti penting Marketing sebagai jantung dalam kegiatan Bisnis

Kesempatan selanjutnya saya akan membagikan arti pentingnya Marketing selanjuntya setelah pada kesempatan sebelumnya saya sudah membagikan (link pengertian marketing ).

Arti pentingnya Marketing.




Tidak ada suatu perusahaan yang mampu bertahan bilamana perusahaan tersebut tidak mampu memasarkan.menjual barang-barang/jasa-jasa yang dihasilkanya.Oleh karena itu bilamana suatu perusahaan kita misalkan tubuh manusia kegiatan Marketing dapat kita misalkan kegiatan dari jantung manusia.Dengan kata-kata lain apabila kerja jantung terganggu ,maka terganggulah seluruh tubuhnya.Dan apabila jantungnya berhenti bekerja,maka matilah manusia tersebut.
            Apa yang kami kemukakan diatas tersebut diatas hanyalah merupakan sekadar perumpamaan betapa pentingnya kegiatan marketing bagi perusahaan yang dapat kita umpamakan kerja jantung pada tubuh manusia.Dengan kata-kata yang lebih ekstrim dapat dikatakan betapapun baiknya kegiatan-kegiatan lain dalam perusajaan ,tapi kalau sampai perusahaan tidak mampu menjual barang-baragn /jasa-jasanya yang dihasilkan maka lonceng kematian akan segera berbunyi.
            Sebalinya bilamana perusahaan mampu meningkatkan omset penjualan /jasa-jasanya maka perusahaan mempunyai kemungkinan untuk memperbesar atau meingkatkan jumlah keuntunganya .Sebenarnya dengan naiknya omset penjualan maka selain keuntungan akan dapat dinaikkan ,maka effisiensi perusahaan juga mempunyai kemungkinan untuk ditingkatkan.Mengapa demikian ? dengan naiknya omset penjualan maka biaya tetap per unit dapat lebih kecil.Dengan demikian pula biaya berubah.variable cost dapat ditekan lebih kecil.Misalnya dengan naiknya omset penjualan pembelian bahan baku setiap kali dapat dilakukan dengan jumlah lebih besar sehingga kemungkinan dapat diperoleh dengan harga yang lebih rendah .Dengan demikian dengan kenaikan omset penjualan maka harga pokok per unit dari barang/jasa yang dihasilkan dapat ditekan lebih rendah .Oleh karena itulah dalam persaingan yang bebas kedudukan perusahaan-perusahaan yang besar lebih kuat daripada perusahaan-perusahaan yang lebih kecil,sehingga tanpa perlindungan-perlindungan dan pemerintah sulitlah bagi perusahaan-perusahaan kecil untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang lebih besar.


Terimakasih telah membaca artikel sederhana saya ini.Semoga dapat bermanfaat. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar