Senin, 31 Agustus 2015

Istilah Marketing didalam Manajemen Pemasaran

Pengertian Marketing bukan hanya sebagai Market/Pasar


bukanaktivis40-Salah satu kegiatan dalam menjalankan bisnis adalah kegiatan pemasaran.Kali ini saya akan membahas apa Marketing,ditinjau dari pengertianya yang bukan hanya sekedar market/pasar tetapi lebih dari itu.Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membeberkan arti penting kegiatan marketing di dalam menjalankan usaha.Didalam artikel sebelumnya dijelaskan bahwa sepandai-pandai apapun kita dalam menghasilkan sebuah produk tetapi tidak bisa memasarkan itu sama saja tidak efektif dan efisien.

Pengertian Marketing
Marketing adalah dari kata market yang artinya pasar.Pasar disini bukan dalam pengetian konkrit tetapi lebih ditujukan pada pengertian abstrak.Banyak definisi yang diberikan oleh beberapa orang,tetapi umumnya mereka semua berpendapat bahwa kegiatan/aktivitas Marketing bukan hanya sekadar menjual barang/jasa tapi lebih luas dari pada itu.Dengan demikian pengertian marketing dapat didefinisikan secara sederhana yaitu :
“Semua kegiatan aktivitas untuk memperlancar arus barang .jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan efektif.”
Dari definisi yang sederhana ini dengan mengikuti uraian-uranin selanjutnya serta menghayatinya.Definisi diatas jelas bahwa kegiatan marketing bukan semata-mata kegiatan untuk menjual barang/jasa ,sebab kegiatan sebelumnya dan sesudahnya juga merupakan suatu kegiatan marketing.Misalnya suatu perusahaan industri yang mempunyai program untuk peningkatan produknya atau istilah yang terkenal mengadakan product development,maka kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian marketing .Apa sebab demikian? Hal ini karena kegiatan tersebut ditujukan baik langsung maupun tidak langsung untuk memperlancar arus barang dari produsen ke konsumen sehingga dapat menciptakan permintaan efektif.Meskipun demikian setiap kegiatan tersebut harus dilakukan secara efisien sehingga secara ekonomis akan dapat dipertanggung jawabkan.Dengan demikian program peningkatan iklan yang dapat meningkatkan omset penjualan bilamana kegiatan ini tidak menambah keuntungan atau tambahnya keuntungan tidak seimbang dengan jumlah biaya yang telah dikeluarkan karena iklan-iklan yang dijalankan tersebut kurang menemui sasarn ,maka kegiatan ini merupakan kegiatan yang tidak efisien.
Dan dengan mendasarkan pengertian tersebut diatas maka dapat saja sesuatu kegiatan yang belum dimasukkan kegiatan marketing/pemasaran pada suatu saat nanti dapat dimasukkan dalam kegiatan marketing sehingga perlu dipelajari lebih lanjut ,apabila ternyata dapat dibuktikan bahwa kegiatan tersebut mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kelancaran arus barang/jasa dari produsen ke konsumen yang dapat menciptakan permintaan secara efektif


Terima kasih sudah membaca artikel saya yang sederhana ini semoga bermanfaat. J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar